Petugas BPBD terus Memantau Dampak Gempa Malang di Jember.
Sumber :
  • Sinto Sofiadin

BPBD Jember: Belum Ada Laporan Kerusakan Gempa Malang

Jumat, 22 Oktober 2021 - 11:54 WIB

Jember, Jawa Timur - Gempa Magnitudo (M) 5.3 Malang terasa hingga ke Jember. Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember belum menerima laporan kerusan akibat gempa tersebut.

"Sehingga kami dari Pusdalops melakukan upaya rollcall ke rekan-rekan relawan bencana di seluruh Jember untuk memantau dampak dari gempa tersebut. Untuk wilayah yang terasa paling banyak dirasakan di wilayah pesisir selatan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Penta Satria.

Namun demikian, kata Penta, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak percaya info hoax.

"Karena hingga saat ini dari BMKG, masih terus memantau dari gempa ini. Jangan percaya hoax, karena kalau ada info terbaru pasti disampaikan. Juga kami dari Pusdalops BPBD Jember terus memantau kondisi dari adanya gempa ini. Tetap waspada juga bagi masyarakat, khawatir jika ada gempa-gempa susulan," tuturnya.

Sesuai prediksi BMKG soal gempa susulan, masyarakat perlu waspada.

"Kalau dari BMKG, gempa ini terjadi dua kali, pertama kali pukul 09.21 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,3 SR, kemudian sekitar pukul 09.38 dengan kekuatan 4,8 SR. Tapi wilayahnya beda, yang susulan di wilayah Gunung Kidul. Masih dalam wilayah pesisir selatan Pulau Jawa," ulasnya.

Terpisah terkait dampak gempa di wilayah Jember, salah seorang warga di wilayah Perumahan Dharma Alam mengaku merasakan guncangan gempa yang berdurasi sekitar 10 detik itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
03:27
01:35
03:20
01:47
02:02
Viral