Warga dirikan tenda dan bersiaga hadapi gempa.
Sumber :
  • Adit

Warga Ambarawa Dirikan Tenda dan Bersiaga Hadapi Gempa Susulan

Minggu, 24 Oktober 2021 - 00:23 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gempa yang terjadi berulang di wilayah Kabupaten Semarang dan tercatat telah terjadi 24 kali gempa hingga saat ini Minggu (24/10) dini hari, membuat masyarakat khawatir untuk tidur dan beristirahat di dalam rumah. Merekapun kemudian memilih mendirikan tenda dan bersiaga di luar rumah.

Ketua RT 05/RW 02 Lingkungan Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Yunawan Putranto mengatakan ada lima tenda yang didirikan di jalan kampung. "Kita sebetulnya memiliki 10 tenda, tapi ini yang dipasang lima tenda untuk antisipasi kalau ada warga yang membutuhkan," jelasnya, Sabtu (23/10).

Yunawan mengatakan, tenda tenda ini dipasang karena gempa susulan terus terjadi. "Intensitas gempa sangat sering, terus terang ada warga yang takut kalau ada kejadian yang tidak diinginkan. Jadi tenda ini didirikan untuk diprioritaskan diisi oleh keluarga. Tenda berkapasitas lima orang," ujarnya.

Selain membangun tenda, warga juga diminta untuk bejaga ronda malam hari. "Kita menjaga lingkungan secara bergilir, karena intensitas gempa semakin sering, lima sampe 15 menit, terasa ada getaran. Bahkan semakin keras getarannya, jadi kita siaga," ungkap Yunawan.

Dari informasi situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tercatat gempa ke 24 terjadi pada pukul 21.11 Wib,  pusat gempa berada di darat 9 km barat laut Kota Salatiga dengan kedalaman gempa 11 Km dengan koordinat 7,27 LS-110,43359 BT,  berkekuatan magnitudo 2.9 SR.

Sementara itu, guna mengantipasi hal hal yang tidak diinginkan, pemasangan tenda juga dilakukan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa. Disini BPBD mendirikan tenda darurat yang memiliki kapasitas 20 tempat tidur. (Adit Bayu/Fhm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral