Peringatan Bulan Inklusi bersama Pegadaian.
Sumber :
  • tvOne

Pegadaian Dorong Inklusi Keuangan Bagi Kelompok Disabilitas

Jumat, 29 Oktober 2021 - 10:44 WIB

Jakarta – Setiap tahunnya bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Peringatan BIK merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan agar tercipta masyarakat yang well literate dan financially inclusive.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). SNKI bertujuan untuk mewujudkan keterbukaan akses sistem keuangan formal bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki kerentanan secara ekonomi.

Salah satu kelompok rentan ekonomi yang menjadi sasaran utama SNKI adalah Penyandang Disabilitas. Berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh Penyandang Disabilitas berdampak pada rendahnya tingkat inklusi keuangan yang dimiliki, sehingga menjadi salah satu faktor penghambat kesejahteraan mereka.

Berdasarkan data berjalan 2020 dari Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah Penyandang Disabilitas di Indonesia mencapai 22,5 juta atau sekitar lima persen. Tingginya angka Penyandang Disabilitas menuntut adanya perhatian khusus dari semua pemangku kepentingan. Mereka harus dipandang sebagai subjek yang terlibat langsung dan ikut menentukan proses pembangunan di Indonesia secara menyeluruh, tak terkecuali dalam kaitannya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang menjadi salah satu prioritas Pemerintah saat ini.

Pada tahun 2017, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) melakukan Studi Inklusi Keuangan Penyandang Disabilitas di Indonesia yang turut didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Secara umum, hasil studi menunjukkan bahwa Penyandang Disabilitas belum dapat mengakses lembaga keuangan disebabkan oleh beberapa hal diantaranya karena terkendala persyaratan yang ditetapkan, stigma tidak mampu mengelola keuangan, dan keterbatasan informasi terhadap produk atau layanan keuangan.

Dalam rangka memperingati BIK Tahun 2021, Pegadaian menanggapi persoalan di atas dengan melaksanakan kegiatan webinar edukasi keuangan yang diperuntukkan secara khusus bagi kelompok Penyandang Disabilitas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral