Masih Jadi Buah Bibir Publik! Cawe-cawe Presiden Jokowi Tuai Kritikan Tokoh Politik hingga Pakar Komunikasi.
Sumber :
  • Istimewa

Masih Jadi Buah Bibir Publik! Cawe-cawe Presiden Jokowi Tuai Kritikan Tokoh Politik hingga Pakar Komunikasi

Senin, 5 Juni 2023 - 10:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Cawe-cawe Presiden Jokowi ternyata masih menjadi buah bibir publik. Bahkan cawe-cawe Presiden Jokowi menuai kritikan tokoh politik hingga pakar komunikasi

Lantas, apa istilah 'cawe-cawe' yang sempat trending di media sosial sejak kata tersebut dilontarkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)?

Adapun, pengertian cawe-cawe berdasarkan KBBI adalah "ikut membantu mengerjakan, membereskan, atau merampungkan" maupun "ikut menangani".

Dalam hal ini,  Pakar Komunikasi, Anthony Leong menyebutkan, bahwa Jokowi kini semakin intens menggunakan kata-kata cawe-cawe karena untuk memberikan sinyal kepada Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri atau masyarakat secara luas.

"Tentu ini bisa jadi agenda setting Jokowi dengan beberapa kejadian misalkan Kaesang menggunakan baju Prabowo di podcast, dan dukungan relawan Gibran mendukung Prabowo. Bisa jadi ini satu sinyal Jokowi kepada Megawati karena tidak dilibatkan proses komunikasi capres dan cawapres Ganjar Pranowo. Jadi Jokowi membuka opsi mendukung Prabowo di Pilpres 2024," ujarnya pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS) ini juga menyampaikan bahwa Jokowi tentu ingin berperan lebih dan ingin melanjutkan legacy yang sudah dibangun selama 10 tahun ini. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral