Bupati Kotim, Halikinnor, meninjau proyek perbaikan jalan di Jl. Diponegoro, Kecamatan Kotabesi.
Sumber :
  • Istimewa

Pembangunan Merata Kotim, Pemkab Programkan Satu Desa Satu Kegiatan

Selasa, 6 Juni 2023 - 21:02 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), akan membuat suatu terobosan yaitu dengan melaksanakan program 1 desa 1 kegiatan. Ini adaah upaya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan, sehingga tidak ada lagi desa yang tidak kebagian anggaran untuk pembangunan di wilayah masing-masing.

“Program ini akan dilaksanakan tahun 2023 ini, saya berharap dengan ini semua desa akan merasakan pemerataan pembangunan,” kata Bupati Kotim Halikinnor, Selasa (06/06/2023).

Menurut Halikin, salah satu hal yang mendorongnya untuk membuat program tersebut adalah pengalamannya sendiri saat menjabat sebagai lurah. Pasalnya, kala itu sebagai lurah ia merasakan sulitnya untuk mendapatkan paket kegiatan dari pemerintah kabupaten untuk wilayah yang ia perjuangkan.

Belajar dari pengalaman itu, ia tidak ingin ada desa yang merasa ditinggalkan atau tidak mendapat perhatian dari pemerintah.
Disebutkannya, Pemkab Kotim telah menetapkan program 1 desa 1 kegiatan kabupaten dengan anggaran Rp 200 juta.

Program ini perdana dimulai tahun ini, dan diharapkan anggaran tersebut dapat ditingkatkan setiap tahunnya, apabila APBD Kotim sudah normal dan hutang daerah sudah terlunasi.

“Dengan begitu kami berharap tidak ada lagi jalan-jalan di desa itu yang kalau hujan becek, kalau panas berdebu. Kami ingin jalan kita bagus semua, minimal di daerah utara yang didepan itu beraspal,” tuturnya.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya musyawarah desa (musdes) pada bulan Juni 2023 ini, Halikinnor mengingatkan kepada seluruh kepala desa (Kades) agar segera menyiapkan susunan perencanaan pembangunan 2024.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral