Olah 3.000 ton sampah jadi bahan bakar jumputan, PLN dan Pemprov DKI bersinergi.
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar-tvOne

Olah 3.000 Ton Sampah Jadi Bahan Bakar Jumputan, PLN dan Pemprov DKI Bersinergi

Kamis, 8 Juni 2023 - 13:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan PT PLN (Persero) dan PT PLN Energi Primer Indonesia menjalin kerja sama pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Direktur Utama PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu strategi ke depan dalam pembangunan energi terbarukan berbasis bahan bakar jumputan padat sampah.

“Kerja sama dimaksudkan bukan hanya saja untuk penanganan lingkungan, tetapi juga bagaimana kita bisa mendukung adanya akselerasi dari transisi energi berbahan bakar fosil menjadi bahan bakar energi terbarukan,” kata dia.

Darmawan mengatakan PLN telah mengalokasikan sebanyak 1.000 ton untuk bahan bakar jumputan yang berasal dari 3.000 ton sampah.

“Karena prosesnya adalah 3 ton kemudian diolah menjadi bahan bakar jumputan padat menjadi 1 ton,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan upaya mengubah sampah menjadi bahan bakar ini adalah langkah yang baik. 

Terlebih dapat membantu pengurangan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral