Aktivitas Gunung Merapi kembali meluncurkan guguran lava pijar sebanyak 7 kali dalam 6 jam Senin (8/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Dalam Enam Jam Gunung Merapi Luncurkan Tujuh Kali Guguran Lava Pijar

Senin, 8 November 2021 - 11:24 WIB

Yogyakarta, DIY - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali meluncurkan guguran lava pijar maupun kegempaan. Dalam dua belas jam Gunung Merapi meluncurkan 7 kali guguran lava pijar. 

Dari laporan aktivitas gunung Merapi yang direlease Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, periode pengamatan Minggu sejak pukul. 00:00-06:00 WIB Senin 8 November 2021, secara visual, gunung Merapi tampak jelas, dengan kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 200-300 m di atas puncak kawah. 

Dalam periode ini BPPTKG Yogyakarta mengamati luncuran guguran lava pijar 7 kali dengan jarak maksimal 2.000 meter ke arah barat daya. 

Data kegempaan menunjukkan Merapi mengalami gempa Guguran 41, gempa Hembusan 13 kali, serta gempa Hybrid/Fase Banyak 2 kali. Hingga kini tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan pada Level III (Siaga). 

BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. 

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya serta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. 

Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral