Memiliki sertifikat mengemudi kini jadi persyaratan masyarakat yang ingin membuat surat izin mengemudi atau SIM..
Sumber :
  • Sumber: Viva

Pembuat SIM Wajib Sertakan Sertifikat Mengemudi, Ini Alasan Polri

Selasa, 20 Juni 2023 - 04:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com- Memiliki sertifikat mengemudi kini jadi persyaratan masyarakat yang ingin membuat surat izin mengemudi atau SIM. Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengungkap kewajiban tersebut sebenarnya telah lama diatur dalam Pasal 9 huruf a Ayat 3 Peraturan Polri (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021.

"Perpol 5 Tahun 2021 itu sudah ada, Perpol yang lama dia. Nah sekarang ini kita perbaharui lagi, kita lengkapi lagi di Perpol 2 Tahun 2023 baru turun kemarin," kata Yusri kepada wartawan, Senin (19/6/2023).

Kini Kepolisian masih menyiapkan mekanisme daripada pelaksanaan aturan tersebut. Ia memastikan sekolah mengemudi yang akan menjadikan rujukan bukan dari Polri dan mesti memiliki akreditasi. "Sekolah mengemudinya bukan dari Polisi, persyaratannya saja yang sama kita. Sekolah mengemudi dari yang lain bukan dari Polisi," katanya.

Adapun, alasan daripada diterapkannya aturan ini diklaim Yusri untuk meningkatkan etika masyarakat dalam berkendara. Sebab menurutnya peristiwa kecelakaan yang terjadi kerap ditimbulkan karena minimnya etika masyarakat dalam berkendara. "Sekolah (mengemudi) ini yang paling utama adalah etika berkendaraan. Etika yang kekurangan kita orang-orang pengemudi, para pengendara kendaraan bermotor di jalan sampai terjadi kecelakaan ini adalah etikannya yang kurang," pungkasnya.(bwo)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:10
01:00
11:11
09:23
08:52
01:36
Viral