Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika.
Sumber :
  • Istimewa

Potensi El Nino Meningkat, Pemerintah Diminta segera Antisipasi Dampaknya

Selasa, 20 Juni 2023 - 23:31 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Fenomena El Nino di Indonesia akan memberikan dampak musim kemarau yang kering. El Nino sebelumnya telah berdampak pada berbagai sektor kehidupan seperti pertanian, pendidikan hingga pelayanan publik.

Untuk itu, Pemerintah diminta untuk lebih mengantisipasi dampak dari El Nino.

Diketahui, El Nino merupakan salah satu fenomena terkait Suhu Muka Laut (SML) yang terjadi di Samudera Pasifik. Adanya pemanasan SML ini mengakibatkan bergesernya potensi pertumbuhan awan dari wilayah Indonesia ke wilayah Samudera Pasifik Tengah, sehingga akan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. 

Selain memicu kekeringan, minimnya curah hujan yang terjadi, juga akan berpotensi meningkatkan jumlah titik api, sehingga makin meningkatkan kondisi  kerawanan untuk terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Menurut Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika, pemerintah perlu segera menyiapkan rencana aksi untuk mencegah dampak El Nino.

“Ombudsman melihat penanganan El Nino sebelumnya masih tergagap-gagap. Agar tidak tergagap lagi, pemerintah dapat membuat perencanaan dalam bentuk rencana aksi nasional," kata Yeka, Selasa (20/6/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral