Petani di Kulon Progo memanen cabai yang terendam banjir, Kamis (11/10/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Banjir Rendam Tanaman Cabai, Petani Kulon Progo Merana

Kamis, 11 November 2021 - 12:29 WIB

Kulon Progo,DIY - Sudah jatuh tertimpa tangga, pepatah ini mungkin harus dirasakan para petani cabai di Bulak Cangkring, kecamatan Wates  kabupaten Kulon Progo. DIY.

Petani cabai Kulon Progo harus menanggung kerugian, pasalnya tanaman yang baru mulai panen akhirnya layu dan mati lantaran terendam banjir, sementara hasil panen ini harganya anjlog lantaran kualitas menurun, akibat kejadian ini petani merugi puluhan juta. 

Salah satu pentani Soyi setiani 48 tahun mengatakan, terpaksa memanin lebih awal lantaran tanaman cabai sudah terendam dan sudah layu. 

" Daripada merugi lebih banyak lebih baik saya panen lebih awal,  saya baru 10 kali terus kena banjir, padahal baru mulai panen. kalo ga kebanjiran bisa sampe 17 kali, 18 kali metik. Harganya turun banyak nih, kalo belum kebanjiran ini bisa tembus 27 ribu sekarang 15 ribu " ujar Soyi. 

Hal senada juga diutarakan Widodo 45 tahun, ia harus memanen lebih awal, memilah milah yang bisa diselamatkan, daripada merugi lebih banyak. 

" Tananam pada mati kena air, banyak yang tak sempat diselamatkan, saya baru 9 kali panen, padahal harganya lagi bagus malah kena banjir, gimana lagi pasrah saja. Harga sendiri kini mencapai 27 ribu hingga 28 namun lantaran terendam paling harga di kisaran 10 sampai 15 ribu, Ujar Widodo. 

Cuaca buruk dampak badai La nina menyebabkan hujan berhari hari, membuat area persawahan di tempat ini tergenang air, tanaman cabai yang baru mulai petik ini harus dipanen dini karena tanaman layu dan mati akibat terendam banjir. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral