Cak Imin Disebut-sebut Lebih Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo, Pengamat Politik Beberkan Hasil Risetnya.
Sumber :
  • tim tvone - bagas

Cak Imin Disebut-sebut Lebih Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo, Pengamat Politik Beberkan Hasil Risetnya

Minggu, 9 Juli 2023 - 13:48 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Cawapres Prabowo Subianto masih menjadi perbincangan di kalangan elite politik serta pengamat. Hal ini lantaran, Ketum Gerindra itu belum mengumumkan secara resmi siapa yang layang mendampinginya pada pilpres 2024 mendatang.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyebutkan, ketum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) lebih berpeluang menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024 dibanding nama lainnya.

"Kalau bicara peluang, saat ini tentu Cak Imin jauh lebih berpeluang. Itu sesuai dengan pernyataan Gerindra bahwa yang memegang kunci inggris soal cawapres Prabowo itu Muhaimin, bukan yang lain," ujar Adi dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu (9/7/2023).

Bahkan, Adi menyebutkan, Cak Imin menjadi prioritas Prabowo karena pakta integritas antara PKB dan Gerindra, serta latar belakang PKB yang dinilai bisa mengonsolidasi dukungan politik untuk Prabowo

"Bahkan sampai saat ini yang jadi prioritas Prabowo itu Muhaimin, itu didasarkan atas argumen bahwa PKB sudah bikin pakta integritas atau piagam kerja sama dengan Gerindra. Lalu dari segi partai, PKB kan mampu mengonsolidasi dukungan politik kaum Nahdliyin dan berbasis di Jatim (Jawa Timur) yang selama ini jadi kekurangan Prabowo,” bebernya.

Lebih lanjut, Adi menyebutkan, narasi yang dikemukakan elite Partai Gerindra yang menyebut Cak Imin sebagai bakal cawapres terkuat mendampingi Prabowo adalah bentuk kuncian Gerindra agar PKB tidak bergeser ke poros lain.

"Saya kira itu sebagai bentuk kuncian politik kepada PKB supaya pertama, PKB tidak bermanuver. Kedua, tentu saja supaya PKB tidak pindah ke poros lain. Itu tujuan kenapa sejumlah elite Gerindra mengatakan sampai saat ini yang paling prioritas mendampingi Prabowo itu Cak Imin," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral