Petugas melakukan seterilisasi kandang hewan yang mati terjangkit antrax di Gunung Kidul.
Sumber :
  • Tim tvOne

Kasus Antraks di Gunung Kidul, Begini Penularan Hingga Ciri Hewan Terjangkit Antraks

Senin, 10 Juli 2023 - 05:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kasus penularan penyakit antraks di Gunung Kidul, Yogyakarta, telah memakan korban jiwa. Setidaknya satu warga dinyatakan positif tertular dan meninggal dunia, sementara 87 warga lainya menunjukan suspec antrax.

Terjadinya kasus penularan penyakit antraks di Gunung kidul, tepatnya di Dusun Jati, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, kini menjadi perhatian serius dinas kesehatan Gunung Kidul hingga Kemenkes

Upaya pencegahan agar penularan antraks tak meluas, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Sugeng Purwanto, melarang lalu lintas keluar maupun masuk hewan ternak sapi atau kambing di Dukuh Jati, Gunungkidul untuk sementara waktu

Lalu apa sih penyakit antraks? Menurut foodtech lulusan Teknologi Pangan dan Gizi Fakultas Teknik Pertanian IPB, Dian Ekasari Putri, Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. 

“Bakteri ini merupakan bakteri gram positif yg biasa ada di tanah. Bacillus anthracis punya fitur yang namanya endospora,” ungkapnya ke tim tvOnenews.com, Senin (10/7/2023).

Endospora ini, lanjutnya, merupakan struktur yang memungkinkan bakteri bertahan hidup di lingkungan—secara dorman—selama ratusan tahun. 

Lebih lanjut ia menjelskan, Endospora membuat bakteri jauh lebih tahan. Misalnya terhadap kekeringan dan temperatur tinggi. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral