Bintang sastra dunia Milan Kundera wafat di apartemennya pada usia 94 tahun.
Sumber :
  • Istimewa

Milan Kundera dan Perginya Semangat Praha

Kamis, 13 Juli 2023 - 13:18 WIB

Jakarta, tvOnenews- Paris berduka. Milan Kundera, novelis eksil yang menghabiskan hampir lima dekade hidupnya di Jalan Montparnasse, dikabarkan meninggal dunia pada usia 94 tahun.

Perpustakaan Morovia (MZK) di kota Brno, Ceko, salah satu penyimpan karya-karya pribadi Kundera terbanyak menyebut, "bintang sastra" dunia itu wafat dengan tenang di apartemennya setelah sakit berkepanjangan. 

Kundera memang begitu mencintai Paris. Suatu ketika Olga Carlisle, pengarang Voice in The Snow yang mewawancarai Kundera di apartemennya, sebuah loteng dengan pemandangan atap abu abu warga Paris, dengan dinding penuh lukisan lukisan surealis menyebut pasangan Milan Kundera dan Vera Kundera sangat mengapresiasi kehidupan serba pesta di Paris.

Selama wawancara, sambil menuang anggur dan mengupas kiwi, pasangan ini bercerita soal mudahnya menikmati pameran lukisan, berbelanja di Bon Marche atau mengunjungi peluncuran buku buku di hotel mewah di "ibu kota" seni dunia. 

Pada puncak karirnya di Paris itu juga Kundera menikmati popularitasnya. Saat wawancara berlangsung, Vera Kundera disebut selalu sibuk di kamar lain, menolak permintaan pertemuan dan wawancara dari banyak wartawan, sutradara teater, televisi dan film di berbagai negara. 

Pembuangan memang gagal "membungkam" Kundera. Ia merasa berbeda dengan eksilnya intelektual Jerman ke Amerika pada 1930-an ketika Eropa dicengkeram fasisme yang tetap memiliki harapan pulang.

Ia adalah anak kandung Musim Semi Praha 1968 ketika negerinya kelewat rapat dengan Rusia. Ia pernah menjadi aktivis Partai Komunis, antusias dengan janji janji sosialisme, sebelum diremukkan oleh tank tank Rusia. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral