Aiko dan Sarasifa menunjukkan "tas ajaib" buatan mereka.
Sumber :
  • tvone - habib

Ajaib! Tas Ciptaan Pelajar di Gresik Ini Bisa Bunuh Bakteri dan Kuman

Jumat, 12 November 2021 - 13:04 WIB

Gresik, Jawa Timur- Dua pelajar sebuah SMA di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mampu menciptakan 'tas ajaib' berbahan dasar limbah kain bekas. Hebatnya lagi, tas yang dilengkapi dengan sinar ultraviolet itu bisa melakukan sterilisasi bakteri serta membunuh bakteri jahat
dan kuman.

Tas unik hasil kreasi Aiko Vitranty dan Sarasifa Mashia, pelajar kelas XII SMAN 1 Gresik ini memadukan unsur teknologi dan budaya batik khas Gresik. Hasil karya mereka ini dapat difungsikan sebagai tas kesehatan yang tetap modis saat dipakai bepergian.

"Tas ajaib dari limbah kain bekas ini menjadikan kami meraih medali emas pada lomba inovasi dan kewirausahaan siswa Indonesia 2021 yang diadakan Kemendikbudristek," ungkap Aiko dan Sarasifa.

Masih menurut Aiko, tas ajaib berbahan limbah kain bekas dan aluminium foil itu, bukan hanya terlihat modis, namun juga memiliki fungsi untuk mensterilisasi bakteri jahat.

"Kalau model tasnya sih sepintas mirip tas pada umumnya, tapi yang ini dilengkapi kantung berbahan alumunium foil dan sinar ultra violet untuk melindungi makanan, handphone yang tersimpan didalam tas,"tutur Aiko.

Ide membuat tas ajaib ini berawal dari keinginan memproteksi diri dari bahaya wabah Covid- 19 ketika melakukan kontak dengan orang lain.

Penambahan sinar ultraviolet, khususnya ultraviolet C ( U- VC) bertujuan melumpuhkan hingga membunuh kuman jahat, serta virus yang menempel pada benda yang tersimpan di dalam tas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:09
01:34
02:48
03:43
01:20
04:40
Viral