Warga di Kabupaten Sikka NTT tengah memasukan air genangan ke ember untuk kebutuhan air sehari-hari.
Sumber :
  • Tim tvOne/Oktavianus Fredi

Miris! Musim Kemarau, Warga di Sikka NTT Kesulitan Air Bersih, Air Kubangan Jadi Rebutan

Senin, 24 Juli 2023 - 11:07 WIB

Sikka, tvOnenews - Musim Kemarau tiba, warga dua Kecamatan di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk di konsumsi.

Warga yang mulai kesulitan mendapatkan air bersih diantaranya mereka yang tinggal di Desa Bhera, Kecamatan Mego dan Desa Wolorega, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, NTT.

Memenuhi kebutuhan air bersih untuk minum dan memasak, setiap pagi dan petang, warga selalu mendatangi kubangan air di dusun tanah ngaku yang dekat dengan sungai Kaliwajo. 

Pemandangan antrian warga dengan membawa jerigen berukuran 5 liter pun menjadi pemandangan setiap hari. Secara bergantian masing-masing dari mereka menggayung air yang keluar dari sumber mata air yang hanya dibatasi dinding beton.

"Setiap hari kami ambil air di sini. Tidak hanya kami warga kecamatan mego, namun warga desa tetangga kecamatan paga pun datang ambil air di sini," ungkap Idelfonsa, salah satu warga desa Bhera di lokasi pengambilan air, Senin (24/7/2023). 

Fonsa menambahkan, kesulitan air bersih terjadi sudah sejak puluhan tahun silam, padahal wilayah sekitarnya merupakan wilayah dengan potensi air yang cukup berlimpah. Namun jaringan air bersih yang dibangun tidak bermanfaat bagi warga. 

"Kesulitan air bersih ini sudah sejak tahun 1987. Dan sumber air ini menjadi andalan kami untuk masak dan minum. Sementara mandi kami gunakan air sungai," kisahnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
06:56
11:04
11:40
06:22
01:41
Viral