Indonesia siap menjadi tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad (IGeO) yang akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 8—14 Agustus 2023..
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Indonesia Siap Selenggarakan International Geography Olympiad (IGeO) 2023

Jumat, 28 Juli 2023 - 15:53 WIB

tvOnenews.comIndonesia siap menjadi tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad (IGeO), yakni kompetisi geografi Internasional yang diadakan setiap tahun untuk siswa sekolah menengah atas. Untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19, IGeO ke-19 akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 8—14 Agustus 2023.

“Atas dasar manfaat besar bagi anak Indonesia serta bagi negeri kita, tahun ini pun, Indonesia akan mengirimkan lagi delegasi yang merupakan talenta terbaik dari hasil seleksi bertahap yang kemudian dibina dengan baik,” disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas) Kemendikbudristek pada webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB), “Menjelajahi Keajaiban Bumi melalui International Geography Olympiad,” Kamis (27/7/2023).

Dijelaskan Hendarman, Indonesia sudah mengikuti IGeO sejak tahun 2012 yang bertempat di Jerman

“Melalui pengalaman yang sudah hampir 11 tahun ini, dapat disimpulkan bahwa IGeO tidak hanya sekedar lomba, namun juga menjadi platform penting untuk mempromosikan geografi dan pemahaman lintas budaya di antara para siswa yang tertarik pada studi geografi, serta memberikan kesempatan bagi para siswa terbaik dari seluruh dunia untuk menguji pengetahuan dan keterampilan geografi mereka,” ungkapnya.

Selain itu, IGeO dapat menjadi media untuk mempromosikan beragam seni dan budaya yang ada di Indonesia, tambahnya. Lebih lanjut, Plt. Kapuspresnas menjelaskan pentingnya ajang IGeO dalam mendukung program prioritas Presiden Joko Widodo, yakni Manajeman Talenta Nasional (MTN) yang memiliki tiga fokus bidang, yaitu riset dan inovasi; seni budaya; dan olahraga. 

“Melalui Manajeman Talenta Nasional, kita mendorong penuh pengembangan talenta anak-anak Indonesia, dari mulai mengidentifikasi, memberi pembinaan, memberi kesempatan untuk berekspresi, dan memberikan penghargaan,” jelasnya.

Dalam webinar tersebut hadir tiga narasumber lain, yakni Ir. Samsul Bachri, M.Eng, Ph.D. (Ketua Tim Olimpiade Geografi Indonesia); Nashita Shahira Feryanto, peraih medali perak IGeO 2022 yang sekarang menjadi mahasiswi Teknik Sipil Institur Teknologi Bandung (ITB); dan Dimas Dwi Rachmat Susilo, kandidat peserta IGeO 2023 yang berasal dari SMA Al-Kautsar Lampung.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral