Lokasi Longsor di Randanbatu, Makale Selatan, Tana Toraja.
Sumber :
  • Joni Banne Tonapa

Hendak Mencari Rumput untuk Makan Ternak, Warga Buttu Lembang Randanbatu Tewas Tertimbun Longsor

Selasa, 16 November 2021 - 07:23 WIB

Tana Toraja, Sulsel - Diduga hendak mencari rumput untuk makanan ternak, seoarang warga tewas tertimpa longsor di Dusun Buttu, Lembang Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (15/11/2021) sore. 

Tingginya intensitas hujan sejak beberapa hari terakhir di wilayah Lembang Randanbatu, membuat tebing setinggi 30 meter longsor hingga menutup akses jalan penghubung antardesa, akibatnya aktivitas warga lumpuh total.

Tak hanya menutup badan jalan, longsor juga menimbun seorang warga Dusun Buttu bernama Yusuf (45), yang saat kejadian sedang mencari rumput untuk makanan ternak. Yusuf ditemukan keluarganya dalam kondisi tak bernyawa dengan posisi tertimpa pohon bercampur lumpur.

Pelaksana Tugas Kepala Lembang Randanbatu Nataniel Neli yang ada dilokasi longsor menjelaskan, bahwa pada saat terjadi longsor korban sedang mencari rumput untuk makanan kerbau, tetapi nahas saat longsor, korban tidak sempat menyelamatkan diri sehingga ditemukan tertimbun longsor.

“Saat terjadi longsor korban sedang mencari rumput untuk makanan kerbau, namun tiba-tiba tebing  longsor korban tidak sempat menyelamatkan diri sehingga ditemukan keluarga dalam posisi tertimbun longsor," tegas Nataniel.

Sementara Awan Saranga', tokoh masyarakat Dusun Buttu meminta pemerintah segera turun tangan, untuk membersihkan material longsor yang saat ini masih menutupi badan jalan. 

“Kami minta pemerintah dan pihak PLTA Malea membantu warga membersihkan material longsor, karena ini jalan akses satu-satunya yang digunakan warga baik masuk maupun keluar kampung, ini juga di dalam ada sekolah, sehingga kalau tidak dibersihkan akan menganggu aktivitas warga," ujar Awan Saranga’. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral