Bupati Sumedang saat Sampaikan Status Kebencanaan Kabupaten Sumedang.
Sumber :
  • Lutfi Setia Rafsanjani

Ada Puluhan Titik Rawan Bencana, Status Sumedang "Waspada"

Selasa, 16 November 2021 - 09:47 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Pemerintah Kabupaten Sumedang menyebutkan ada puluhan titik rawan bencana tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bahkan kini, Sumedang berada dalam status kebencanaan "Waspada".

Hal tersebut dikatakan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, saat ditemui tvonenews.com di Gedung Negara Sumedang pada Senin (15/11/21) petang. Bupati Menegaskan, status waspada bencana Kabupaten Sumedang telah diputuskan dalam bentuk SK (Surat Keputusan) Bupati.

"Sekarang statusnya waspada, sudah buat SK Bupatinya status waspada. Jadi kalo  mau tau perasaan Bupati kalau hujan deras rasanya deg-degan," kata Bupati.

Peta titik rawan bencananya, lanjut Dony, berada di BPBD Kabupaten Sumedang. Situasi pantauan langsung kondisi kerawanan bencana di wilayah Sumedang dapat dipantau melalui aplikasi yang dikembangkan Pemerintah Pusat, inaRISK.

"Titiknya puluhan, titik rawan bencana, seperti yang di lereng-lereng. Karena dari geologi pun sudah ada (penelitian) terkait tanah yang labil," tambahnya.

Dony menuturkan, pihak Pemkab Sumedang telah bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial sebagai upaya pencegahan dalam menghadapi bencana alam. Pihaknya juga memberlakukan warning sistem hingga tingkat kecamatan dan desa.

"Semua SKPD harus aktif mencegah dan mengantisipasi bencana, jadi ada early warning sistem dari BPBD ke Camat ke Desa, sehingga kalo ada hujan atau potensi bencana masyarakat bisa mengungsi sementara, jadi kalau longsor sudah mengungsi," tuturnya. (Lutfi/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral