Aceh Tenggara Ribuan Siswa Jenjang SD di Aceh Tenggara Mengikuti ANBK Perdana Tahun 2021.
Sumber :
  • Tim Tvone/lantra

Ribuan Siswa Jenjang SD di Aceh Tenggara Mengikuti ANBK Perdana Tahun 2021

Selasa, 16 November 2021 - 15:43 WIB

Kutacane, Aceh Tenggara - Sebanyak 3.543 siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) sejak kemarin Senin (15/11/2021) mulai mengikuti pelaksanaan ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk pertama kalinya pada tahun 2021.
 
Ujian itu diikuti sebanyak 168 sekolah baik negeri dan swasta di Kabupaten Aceh Tenggara.
 
“Pelaksanaan ANBK itu sendiri akan berlangsung dalam 4 gelombang," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara, Bakri Sahputra kepada tvonenews.com, Selasa (16/11/2021).
 
Dalam kunjungannya saat memonitoring ke sejumlah sekolah SD bersama pejabat terkait, dirinya mengapresiasi kelancaran pelaksanaan ANBK.
 
Pasalnya semuanya berjalan lancar, tentu itu semua berkat bantuan dari pihak PLN serta PT Telkom sehingga saat hari pertama dan hari ini belum ditemukan gangguan baik jaringan maupun arus listrik di sekolah yang melaksanakan," kata Bakri.
 
Ia mengatakan, asesmen itu diikuti siswa/siswi kelas 5 dan itu merupakan yang pertama kali dilaksanakan.
 
Untuk pelaksanaannya diikuti 168 sekolah dalam empat gelombang, tahap I sebanyak 56 sekolah, tahap II 50 sekolah, tahap III ada 37 sekolah serta tahap IV diikuti 25 sekolah.
 
Dalam pelaksanaan ANBK tingkat SD itu, sistemnya ada dua mode yakni semi ‘online’ diikuti 48 sekolah serta ‘mode full online’ 120 sekolah.
 
Kata dia, setiap sesi ANBK terdapat 3 sub tes yakni literasi yang terdiri latihan soal, ujian serta survei karakter. Lalu ada numerasi yang di dalamnya ada latihan soal dan Survei Lingkungan Belajar (SLB)," ujarnya.
 
Dijelaskannya, program ujian ANBK itu bukanlah ujian kelulusan atau ujian naik kelas namun bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan ke depannya ‘output’melalui potret ‘input’ proses dan  pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
 
Intinya program Kemendikbud tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya meningkatkan mutu dan kemampuan siswa. Karena ada 3 instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dites yakni literasi, numerasi serta survei karakter dan survei lingkungan belajar. (Lantra/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral