Tim Medis Siap Lakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Kaki Empat di NTB.
Sumber :
  • Herman Zuhdi

Tim Dokter Ahli Bersiap Lakukan Operasi Pemisahan Kembar Siam Kaki Empat Langka Sabtu Besok

Jumat, 4 Agustus 2023 - 20:56 WIB

Mataram, tvOnenews.com - Sebuah operasi pemisahan kembar siam kaki empat yang langka akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu, 5 Agustus 2023. Operasi ini akan melibatkan 16 tim dokter ahli dari RSUP NTB dan dua tim dokter ahli kembar siam dari Rumah Sakit Dokter Soetomo Surabaya.

Kembar siam yang akan dipisahkan adalah Muhammad Karunia, balita berusia sembilan bulan asal Desa Suwangi Timur, Kecamatan Sakra, Lombok Timur. Muhammad Karunia menderita kelainan yang disebut Paracitic Ischipagus Conjuin Twin yaitu kondisi di mana ada bagian tubuh tambahan yang melekat pada tubuh utama.

Menurut Ketua Tim Medis Kembar Siam RSUP NTB, dr. Sunanto, Sp.BA, persiapan operasi pemisahan kembar siam ini telah dilakukan secara matang. Pada Jumat, tim medis dan dokter ahli menggelar geladi bersih untuk memastikan seluruh komponen medis yang terlibat dalam operasi ini bekerja optimal.

"Kami sudah melakukan simulasi operasi dengan menggunakan boneka dan alat-alat medis yang sesuai dengan kondisi kembar siam. Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan tim dokter ahli dari Rumah Sakit Dokter Soetomo Surabaya yang sudah berpengalaman menangani kasus kembar siam," ujar dr. Sunanto. saat diwawancara tvone, Jumat (4/8/23).

Berikut ini adalah nama-nama dokter ahli yang terlibat dalam operasi pemisahan kembar siam kaki empat :

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral