Polisi Sebut Motor Hasil Curian Banyak Dikirim ke Lampung Gunakan Kamuflase Kasur, Begini Modusnya.
Sumber :
  • Istimewa

Polsek Tambora Ungkap Kasus Pengiriman Motor Hasil Curian ke Lampung Gunakan Kamuflase Kasur Busa

Senin, 7 Agustus 2023 - 23:40 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Polsek Tambora mengamankan sebanyak 5 unit motor curian yang akan dikirimkan ke Provinsi Lampung.

Adapun para pelaku untuk melancarkan aksinya agar tidak terendus oleh petugas dengan modus menutupi motor curian dengan kasur busa.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi menjelaskan bahwa jaringan ini terdapat 10 orang anggota, 5 di nantaranya telah berhasil ditangkap oleh Polsek Tambora.

"Ada 10 tersangka utama dalam kelompok ini, 5 tersangka berhasil ditangkap Polsek Tambora, dua tersangka ditangkap Ditkrimum Polda Lampung, dan tiga tersangka yang berperan sebagai pengendali masih DPO," ucap Syahduddi, Senin (7/8/2023).



Kelima orang yang ditangkap ialah EP (33), MA (28), MSA (19), JPP (29), IP (19). Ketiga tersangka utama berperan sebagai pengepul, sementara dua orang lainnya berperan sebagai transporter atau pengirim motor.

"Pengepul jaringan Lampung ini diantaranya EP (33), MA (28), MAA (19). Tersangka berperan sebagai transporter dua, yakni JPP (29), dan IP (19)," tuturnya.

Syahduddi menjelaskan, penangkapan itu dilakukan pada Sabtu (5/8/2023) dini hari sekira pukul 01.30 WIB.

Atas informasi warga, Unit Reskrim Polsek Tambora mendapati mobil bermuatan kasur yang di dalamnya berisi dua motor hasil curian yang rencananya akan dikirim ke Lampung.

"Pada hari Sabtu 5 Agustus 2023 sekitar Pukul 01.30 WIB, mobil losbak mulai meninggalkan lokasi loading kendaraan dan langsung dibuntuti oleh anggota Unit Reskrim Polsek Tambora. Sekitar 30 menit kemudian, Unit Reskrim Polsek Tambora menghentikan Mobil tersebut di Jalan Puri Jaya, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang," papar Syahduddi.

"Saat diberhentikan olah unit Reskrim Polsek Tambora, muatan di bak mobil tersebut secara kasat mata hanya membawa kasur busa yang disusun dengan sangat rapi dan bagian atasnya ditutup dengan terpal berwarna oranye. Namun, jika dicek dengan lebih teliti, terlihat didalam bak mobil tersebut ada dua unit sepeda motor," sambungnya.

Syahddudi mengatakan pihaknya juga mengamankan tiga motor curian lainnya di lokasi yang merupakan toko kasur busa. Secara total, ada sebanyak 5 motor curian dan 5 tersangka dibawa ke Polsek Tambora.

"Unit Reskrim Polsek Tambora langsung melakukan pengembangan ke lokasi awal motor itu disimpan yaitu di sebuah Ruko tiga lantai yang terletak di dalam Perumahan Puri Jaya, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Ruko ini adalah toko yang berjualan kasur busa," terang dia.

"Saat dilakukan penggerebekan, di Ruko ini berhasil ditangkap tiga orang pelaku lainnya berikut tiga unit sepeda motor lagi, selanjutnya lima tersangka berikut barang bukti satu unit mobil pikap/losbak dan lima unit sepeda motor dibawa ke Polsek Tambora," imbuhnya.

Selain 5 unit sepeda motor, Syahduddi mengatakan pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, yakni dua unit mobil Isuzu Traga dan 6 unit ponsel.(rpi/muu)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral