Ilustrasi.
Sumber :
  • Istimewa

Atasi Manipulasi Pemilu, Aplikasi Monitor Suara Pemilu Berbasis Blockchain

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 10:29 WIB

tvOnenews.com - Manipulasi suara adalah salah satu isu yang menjadi perhatian besar menuju penyelenggaraan pemilihan umum. Hal tersebut turut menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam persiapan Pemilu 2024.
 
Bawaslu mempersiapkan langkah pencegahan dengan perumusan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), yang memuat empat konstruksi berupa konteks sosial politik, penyelenggaraan pemilu, dimensi kontestasi hingga dimensi partisipasi politik.

Di luar Bawaslu, langkah demi mencegah manipulasi pemilu juga terus diupayakan, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Adalah Zilla Vote, aplikasi yang dikembangkan oleh Yuria Busra dan tim Solusi Teknologi Kreatif, hadir sebagai pendukung monitor suara pemilu di Indonesia, Zilla Vote merupakan aplikasi monitor suara pemilu berbasis blockchain dengan fitur live monitoring, pengingat hari pencoblosan, profil terupdate soal calon pemilu, hingga validasi berita hoax

Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi pendorong kemajuan demokrasi dan integritas pemilu di Indonesia, sehingga semua fitur dibuat untuk memenuhi tujuan tersebut. 

“Zilla Vote akan menjadi aplikasi monitor pemilu berbasis blockchain yang akan digunakan di Pemilu 2024,” ujar Yuria Busra.

Yuria mengatakan, pengembangan aplikasi Zilla Vote ditujukan untuk kemajuan demokrasi dan integritas pemilu di Indonesia. Terlebih dengan maraknya berita hoax dan pencurian data pribadi, manipulasi data masyarakat dalam pemilu sangat rentan terjadi.

CEO dari Solusi Teknologi Kreatif tersebut menjelaskan, Zilla Vote memiliki fitur Live monitoring dibuat agar proses penghitungan tampak secara nyata tanpa manipulasi. Kemudian, fitur pengingat hari pencoblosan dibuat untuk terus mengingatkan masyarakat soal pencoblosan pemilu.

Tersedia juga fitur profil calon pemilu dibuat agar masyarakat dapat mengenal calon pemilu dengan baik. Termasuk fitur validasi berita hoax dibuat untuk mengedukasi masyarakat berdasarkan fakta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral