Warga Tak Bisa Menyeberang karena Jembatan Putus.
Sumber :
  • Edy Cahyono

Jembatan Penghubung di Ngantang Putus di Terjang Banjir

Kamis, 18 November 2021 - 09:44 WIB

Malang, Jawa Timur - Jembatan Klangon, di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, putus diterjang banjir pada Rabu (17/11/2021) sore. Akibatnya jalur yang menghubungkan Dusun Klangon dengan Dusun Sedawun Desa Pandansari Kecamatan Ngantang terputus.

"Akibat putusnya jembatan sepanjang 23x2 meter itu, akses jalan warga Klangon dengan Sedawun terputus," ungkap Kepala Desa Pandansari, Kamis (18/11/2021). 

Menurut laporan, hujan deras di wilayah itu yang berlangsung Rabu siang hingga sore juga mengakibatkan jalan rusak dan dua rumah warga tergenang air.
 
"Iya, Mas,ada dua rumah warga bernama Sukaji dan Kusdi rumahnya tergenang air akibat luapan banjir sungai aliran sungai setinggi 1 meter," kata Bambang Riyanto Kepala Desa Pandansari.

Selain akses jalan lingkungan rusak berat dan Jembatan Klangon putus akibat diterjang banjir Rabu kemarin, jembatan Dusun Munjung 5x1 meter juga mengalami kerusakan.

Menurut penjelasan Kapolsek Ngantang Iptu Hanis Siswanto, penyebab putusnya jembatan dikarenakan ada "barongan" atau akar rumpun bambu yang terseret arus banjir lalu tersangkut di pilar jembatan.

"Curah hujan tinggi, kemarin. Hal ini menyebabkan debit air (sungai) meningkat tajam dan adanya akar rumpun bambu dengan volume air melampui atas  jembatan," kata Hanis.

"Sampah akar rumpun bambu itu terus tersangkut di kaki jembatan sehingga volumenya terus bertambah. Akibatnya, arus air banjir ikut tertahan dan itu menyebabkan tekanan beban pada pilar jembatan juga semakin besar," jelas Hanis.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral