Eksplorasi Potensi Pangan Lokal di Solo, Danone Indonesia Berkolaborasi Dengan Citilink Dalam Jelajah Gizi 2023..
Sumber :
  • Istimewa

Eksplorasi Potensi Pangan Lokal di Solo, Danone Indonesia Berkolaborasi Dengan Citilink Dalam Jelajah Gizi 2023

Jumat, 18 Agustus 2023 - 12:38 WIB

tvOnenews.com - Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam pangan lokal dimana data Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menunjukkan Indonesia memiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 389 jenis buah-buahan, dan 75 jenis sumber protein. Selain itu, masih ada 228 jenis sayuran, 26 jenis kacang-kacangan, 110 jenis rempah dan bumbu.

Selain dengan ragam keanekaragaman hayati yang ada, kekayaan pangan di Indonesia juga didukung dengan keragaman daerah dan budaya yang membuat jenis pangan lokal menjadi sangat unik dan beragam karena kekhasan pangan yang sesuai dengan karakteristik daerah itu sendiri termasuk di kota Solo. Potensi ini mendukung harapan akan lahirnya sumber daya manusia yang unggul lantaran kebutuhan makro dan mikro nutrien harian terpenuhi dengan baik.

Namun nyatanya, saat ini Indonesia masih mempunyai tantangan dalam tiga beban masalah gizi (triple burden) yaitu stunting, wasting dan obesitas. Lebih jauhnya, permasalahan zat gizi mikro yang terjadi dibuktikan dengan fakta 8 dari 10 anak Indonesia mengalami kekurangan DHA dan 1 dari 3 anak kekurangan zat besi.

Sebagai upaya menyebarkan informasi seputar kekayaan gizi dari potensi pangan lokal Indonesia seperti di kota Solo sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink dalam menggelar program Jelajah Gizi 2023 dengan tema ”Eksplorasi Potensi Pangan Lokal untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Keluarga” pada 14-16 Agustus 2023 di daerah Solo dan sekitarnya.

Gusti Raden Ajeng (G.R.Aj.) Ancillasura Marina Sudjiwo dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kota Surakarta atau yang disebut dengan Solo dikenal dengan kekayaan budaya dan kulinernya, namun belum banyak yang mengetahui bahwa ragam kuliner khas Kota Solo juga menyimpan banyak cerita budaya hingga ragam nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan. 

Kota Solo sendiri sering disebut disebut lokasi perjamuan yang menjadi incaran wisatawan untuk berburu makanan karena ragam kuliner yang hadir di kota ini. Seperti halnya pangan kerajaan yang ada di Mangkunegaran yang menyimpan makna dari setiap pangan yang dihidangkan, contohnya Apem, Ketan, Kolak, khas Pura Mangkunegaran yang sarat akan filosofi.”

Apem adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan telur, santan, gula dan sedikit garam. Kemudian adonan itu dibakar menggunakan tungku. Apem di Mangkunegaran ini biasanya disediakan di acara-acara tertentu yang menandakan bahwa manusia memohon pengampunan.Kemudian kolak berasal dari kata khalik yaitu Sang Pencipta. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral