Petrus Tjandra di Kampus UI..
Sumber :
  • Istimewa

Indonesia Dapat Mengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045, Petrus: Indonesia Memiliki Industri Kelapa Sawit yang Bisa Menghasilkan Biodiesel

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 20:38 WIB

tvOnenews.com Indonesia terkenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Bahkan, Indonesia bisa saja berhenti untuk menggunakan bahan bakar fosil di tahun 2045 mendatang, dengan memanfaatkan biodiesel.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Agro Investama Group, Petrus Tjandra. Ketika berbicara di acara "Peran dan Kontribusi FMIPA UI dalam Pengembangan Riset dan Peningkatan Nilai Sawit Indonesia," yang digelar di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Petrus Tjandra menjelaskan, Indonesia punya industri Kelapa Sawit yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk biodiesel. 

Namun kapasitas produksi minyak sawit di Indonesia belum maksimal. Menurutnya, mendorong kapasitas produksi hingga mencapai 100 juta ton pada 2045 bukanlah hal yang mustahil.  

"Artinya di dua ribu empat lima akan ada produksi seratus juta ton minyak sawit. Sehingga kita punya renewable energy," ujar Petrus Tjandra, 17 Agustus 2023.

Petrus menyebutkan bahwa saat ini kapasitas produksi satu hektar lahan sawit hanya menghasilkan sekitar sembilan ton tandan buah segar. Padahal jika dikelola dengan maksimal, menurut calon anggota DPD RI itu satu hektar lahan sawit bisa menghasilkan hingga 25 ton tandan buah segar. 

Hal ini terjadi karena perawatan dan panen yang tidak baik. Petrus Tjandra mengatakan, petani sawit masih banyak yang menyepelekan kualitas bibit, dan masih banyak yang salah memilih waktu panen

“Kerap kali saat terdesak kebutuhan maka buah yang masih mentah dipotong. Padahal kadar minyaknya baru empat belas persen. Malah takut memetik saat matang karena petani khawatir busuk,” tuturnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral