Arsip Foto - Petugas mencatat data kecepatan angin di Stasiun Klimatologi Karangploso, Malang, Jawa Timur, saat cuaca cerah berawan..
Sumber :
  • (ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO)

Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Cerah Berawan

Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah Kota Besar di Indonesia berpotensi cerah berawan pada Selasa (22/8/2023).

BMKG mengungkap kota-kota berikut berpotensi cerah berawan, seperti Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Palembang diprakirakan cerah berawan pada siang hari.

Kota Surabaya, Tarakan, dan Bandar Lampung diprakirakan cerah pada siang hari, sementara Kota Pontianak, Palangka Raya, Ternate, Mataram, dan Manokwari berawan.

Meski demikian, hujan ringan berpeluang turun di Kota Samarinda, Ambon, dan Manado serta hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Kota Medan.

Malam harinya, Kota Denpasar, Bengkulu, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, dan Palembang diprakirakan cerah berawan.

Cuaca Kota Banda Aceh dan Bandar Lampung diprakirakan cerah pada malam hari, sementara Kota Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, Palangka Raya, Tarakan, Ambon, Padang, Manado, Makassar, Pekanbaru, dan Kendari berawan.

Hujan ringan diprakirakan turun di Kota Samarinda, Ternate, Mamuju, dan Manokwari serta hujan sedang berpeluang mengguyur Kota Medan pada Selasa malam. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya menyampaikan bahwa puncak musim kemarau diprakirakan terjadi pertengahan Agustus hingga September 2023 dan selama kurun itu panas meningkat.

"Nanti setelah masuk Oktober mulai berkurang, berkurang tapi masih kering. Nah diprediksi hujan ini November," kata Dwikorita.

Semasa cuaca panas dan kering, peluang terjadi kebakaran hutan dan lahan meningkat. 

BMKG telah menyampaikan peringatan dini mengenai potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Nusa Tenggara Timur. (ant/mii)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral