Gedung Perkantoran di Jakarta yang Tertutup Kabut Polusi di Jakarta, Rabu (23/8/2023).
Sumber :
  • tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Guna Kurangi Polusi Udara, Pelaku Industri Mulai Hentikan Penggunaan PLTU dan Beralih ke listrik

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 22:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pelaku industri di wilayah Tangerang, Banten, mulai menghentikan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik sendiri dan beralih ke listrik PLN untuk mengurangi polusi udara.

Electric Instrument Manager PT Polychem Indonesia Taufan Prihadi menyatakan, pihaknya sudah beralih menggunakan listrik PT PLN (Persero) setelah sebelumnya membangkitkan listrik mandiri dari PLTU sebesar 2x15 MW.

Listrik tersebut dipakai untuk membuat bahan baku polyester, yaitu etilen glikol.

"Untuk mengurangi polusi udara, kami mempensiunkan PLTU yang sebelumnya dikelola mandiri untuk menekan emisi," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/8/2023)

Selain tidak lagi mengonsumsi batu bara untuk membangkitkan listrik, lanjutnya, perusahaan jauh lebih hemat dari sisi operasional, karena pengeluaran biaya listrik hampir Rp10 miliar per bulan jika masih menggunakan pembangkit mandiri.

“Sekarang pakai listrik dari PLN juga lebih hemat dari sisi pengeluaran. Ongkos listriknya lebih murah dan bebas biaya perawatan. Dulu saat PLTU kami beroperasi, konsumsi batu bara kurang lebih mencapai 740 ton per hari,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral