Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).
Sumber :
  • tim tvone - Julio

Tak Terima Aksi KKB Bunuh Aktivis, Bamsoet Kutuk Keras

Minggu, 3 September 2023 - 11:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengutuk tak terima dengan aksi pembunuhan terhadap aktivis kemanusiaan Papua Michelle Kurisi Doga, yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kolawa, Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua Pegunungan.

"Aksi KKB kembali memakan korban jiwa. Kali ini aktivis kemanusiaan Papua Michelle Kurisi Doga yang menjadi korban," kata Bamsoet. 

"Aksi pembunuhan dan teror berkelanjutan oleh KKB harus dihentikan dengan sikap keras dan tegas oleh aparat keamanan, bukan dengan diskusi. Mengingat pendekatan damai yang telah diupayakan selama ini selalu ditolak oleh KKB," sambungnya menjelaskan.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menegaskan, situasi konflik di Papua, khususnya di wilayah pegunungan, tidak bisa dipandang sederhana.

Sejumlah aksi yang mengatasnamakan kemanusiaan pun tidak luput dari respons brutal KKB. Beberapa waktu sebelumnya, sejumlah tenaga kesehatan serta puskesmas yang secara resmi menjalankan tugas dan kewajibannya, pun diperlakukan secara tidak manusiawi.

"Peristiwa brutal yang dialami oleh Michelle semakin menegaskan bahwa KKB secara terang-benderang hendak menunjukkan eksistensinya. Eksistensi itu tidak cukup hanya melalui legitimasi sebagai teroris yang menebar teror dan ketakutan kepada warga sipil, tapi juga kepada aparat keamanan. Hal ini menjadi tantangan yang semakin terjal bagi aparat keamanan, khususnya TNI dan Polri untuk senantiasa menyusun dan mengambil langkah-langkah komprehensif," ujar Bamsoet.

Lebih lanjut Bamsoet menerangkan, manuver TNI dan Polri untuk 'menumpas' gerakan kriminal bersenjata yang didalangi oleh para teroris Papua yang mengatasnamakan apapun, tidak lagi cukup dengan pendekatan persuasif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral