Bea Cukai Soetta Gagalkan Ekspor Benih Bening Lobster Ilegal ke Singapura Senilai Rp26,5 Miliar.
Sumber :
  • Istimewa

Bea Cukai Soetta Gagalkan Ekspor Benih Bening Lobster Ilegal ke Singapura senilai Rp26,5 Miliar

Kamis, 7 September 2023 - 17:43 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sinergi Tim Gabungan Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BBKIPM) Jakarta I berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ekspor benih bening lobster (BBL) senilai Rp26,5 Miliar melalui barang bawaan penumpang tujuan Singapura

Atas penindakan tim gabungan mengamankan barang bukti empat koper berisi 109 kemasan dengan total benih sebanyak 174.000 ekor. Penindakan bermula dari informasi Tim Analis Bea dan Cukai Soekarno-Hatta tentang adanya dugaan ekspor ilegal BBL dengan modus dibawa melalui barang bawaan penumpang.

Informasi ini kemudian ditindaklanjuti oleh tim gabungan Bea Cukai bersama BBKIPM Jakarta I dengan menganalisa dan mendalami data dan informasi keberangkatan penumpang ke luar negeri. 

Tim gabungan mencurigai penumpang berinisial PA dan ZI asal Jakarta yang akan melakukan perjalanan ke Singapura melalui rute penerbangan CGK – SINdengan maskapai Scoot Tigerair (TR 277) pada 6 September 2023 pukul 11.50 WIB. 

"Tim kemudian mendapat informasi bahwa PA dan ZI melakukan check in di Terminal 2F Keberangkatan Internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kemudian dilakukan pengawasan atas bagasi dan
pengamatan di area keberangkatan oleh Tim," ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Soetta, Gatot Sugeng Wibowo dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

"Hingga proses boarding selesai pukul 12.20, penumpang PA dan ZI diketahui tidak melakukan boarding ke Pesawat TR 277 dan tidak melakukan pembatalan penerbangan," sambungnya. 

Bersamaan dengan pengamanan bagasi PA dan ZI, tim menemukan adanya 2 (dua) bagasi identik dengan bagasi milik PA dan ZI yang diketahui adalah milik YF. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral