Salah satu koleksi Museum Nasional Indonesia yang paling tua adalah patung Buddha Dipangkara yang merupakan peninggalan abad ke-2 Masehi.
Sumber :
  • Indonesia Heritage

Museum Nasional Terbakar, Koleksi Tertua yang Dimiliki Termasuk Patung Buddha Dipangkara dari Abad ke-2 Masehi

Sabtu, 16 September 2023 - 21:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Kebakaran melanda  Museum Nasional atau yang biasa dikenal dengan Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.00 WIB.

Api tampak melalap sebagian besar bangunan di area belakang Museum Nasional. Atap dan tembok bagian belakang bangunan tampak ambruk. Api juga terlihat berkobar ke arah depan bangunan di Jalan Medan Merdeka Barat. Lokasinya berdekatan dengan proyek MRT Jakarta. 

Museum Nasional banyak menyimpak koleksi arkeologi, sejarah, etnografi yang sangat bernilai. Belum ada penjelasan terkait nasib ratusan koleksi Museum Nasional.


Hingga kini, petugas pemadam kebakaran (damkar) masih berjibaku memadamkan api dari sisi belakang museum, tepatnya Jalan Abdul Muis, juga bagian depan.

Salah satu koleksi Museum Nasional Indonesia yang paling tua adalah patung Buddha Dipangkara yang merupakan peninggalan abad ke-2 Masehi. Patung Buddha Dipangkara diperkirakan peninggalan abad ke-2 Masehi karena dilihat dari gaya seni, struktur dan bentuk abad ke-2 dari India Selatan, ditemukan di Sikendeng Mamuju, Sulawesi Barat. (bwo)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral