Megawati Soekarnoputri datangi Museum Nasional yang terbakar, Selasa (19/9/2023)..
Sumber :
  • tim tvOnenews/Syifa Aulia

Megawati Minta BRIN Dilibatkan Proses Konservasi Koleksi Museum Nasional yang Terbakar

Selasa, 19 September 2023 - 18:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan arahan saat mendatangi Museum Nasional atau Museum Gajah yang terbakar.

Dirjen Kebudayaan Mendikbud Ristek, Hilmar Farid, mengatakan Megawati meminta agar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dilibatkan dalam proses konservasi koleksi museum yang terdampak kebakaran.

“Kami sempat bersama ibu juga melihat proses konservasi itu sedang dilakukan. Dan arahan Ibu nanti agar melibatkan para ahli dari BRIN agar juga bisa terlibat di dalam prosesnya,” ucap Hilmar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2023).

Dia menyebut Kepala BRIN Laksana Tri Handoko yang ada di lokasi juga sepakat atas usulan Megawati itu. Selain itu, Hilmar mengatakan pihaknya memang membutuhkan tenaga tambahan untuk mengurus konservasi koleksi terdampak.

“Kami juga langsung merespons, kebetulan kepala BRIN ada sepakat ya, bahwa perlu ada penambahan tenaga-tenaga yang bisa melakukan konservasi koleksi yang terdampak,” ujar dia.

Hilmar menyampaikan Megawati juga memberikan arahan agar pengelola museum juga menelusuri sejarah koleksi tersebut dan narasi dibenahi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral