Siswa SDN 206 Tana Toraja Evakuasi Peralatan Belajar dari Ruangan yang Jebol akibat Longsor.
Sumber :
  • Joni Banne Tonapa

Gedung Sekolah di Bittuang Tana Toraja Ambruk Tertimpa Tanah Longsor, Aktivitas Belajar Mengajar Lumpuh

Kamis, 25 November 2021 - 12:34 WIB

Tana Toraja, Sulawesi Selatan - Sekolah Dasar Negeri 206 di Lembang Kandua’, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (25/11/2021) tertimpa tanah longsor. Akibatnya satu ruangan kelas dipenuhi lumpur hingga proses belajar mengajar terpaksa dihentikan.

Peristiwa longsor yang terjadi pada pagi dini hari tadi tersebut, membuat satu ruang kelas di SDN 206 jebol, membuat sejumlah fasilitas sekolah seperti kursi, meja, dan buku rusak parah. Aktifitas belajar terpaksa dihentikan karena pihak sekolah khawatir terjadi longsor susulan.

Sebuah batu besar bercampur lumpur yang longsor dari tebing setinggi 30 meter saat ini belum bisa dibersihkan, sebab curah hujan yang tinggi di tempat tersebut membuat warga sekitar masih takut mendekati lokasi. 

Namun untuk menyelamatkan buku dan kursi yang tertimbun longsor, pelajar dengan guru SDN 206 berusaha menyingkarkan lumpur dengan alat seadanya. Namun, karena banyaknya tumpukan material longsor di lokasi, tak banyak yang bisa diambil.

Kepala Sekolah SDN 206 Debora mengatakan, tidak ada korban dalam peristiwa itu.

“Peristiwa longsor terjadi dini hari tadi, sehingga tidak ada korban jiwa, namun kerusakan parah pada gedung sekolah akibat terkena longsor dan batu besar dari tebing setinggi 30 meter saat belum bisa dibersihkan, sehingga proses belajar terpaksa kami hentikan," kata Debora.

Diketahui sekolah tersebut merupakan sekolah jauh SDN 206 yang menampung 64 peserta didik dari tia kelas terpaksa menghentikan proses belajar mengajar untuk sementara waktu. (Joni Banne Tonapa/act)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral