Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (FORDASI) tahun 2023..
Sumber :
  • Istimewa

Rakor FORDASI 2023 di Manokwari Menghasilkan 8 Rekomendasi

Rabu, 27 September 2023 - 23:18 WIB

tvOnenews.com - Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (FORDASI) tahun 2023 yang diselenggarakan selama dua hari (26-27 September 2023) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat menghasilkan delapan rekomendasi 'Pesan Manokwari'.

Delapan 'Pesan Manokwari' dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat Jacob S Fonataba pada penutupan Rakor Fordasi 2023, Rabu malam.

"Delegasi Fordasi bersepakat menyampaikan 'Pesan Manokwari' tentang kemitraan untuk peningkatan daya saing daerah pada daerah khusus dan/atau istimewa," kata Jacob Fonataba.

Ia menjelaskan rekomendasi pertama adalah menerima Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya sebagai anggota baru Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia.

Rekomendasi kedua, meningkatkan koordinasi kemitraan secara intensif antardaerah desentralisasi asimetris dengan daerah lainnya untuk menjalin kerja sama yang lebih spesifik dan konkret agar daya saing daerah semakin meningkat.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui identifikasi, pengembangan, dan kolaborasi pemasaran produk unggulan daerah masing-masing pada sektor pertambangan, pertanian, ketahanan pangan, perikanan, pariwisata, industri kreatif, infrastruktur, dan kebudayaan.

Selanjutnya, asistensi dan tukar menukar pengalaman, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang unggul. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
01:30
09:45
02:10
08:30
Viral