Ilutrasi polusi udara..
Sumber :
  • Istimewa

Energi Terbarukan untuk Meningkatkan Kualitas Udara Turut Dibahas pada IREIS 2023

Kamis, 28 September 2023 - 17:36 WIB

tvOnenews.com - Polusi udara adalah masalah global yang berdampak pada kesehatan manusia dan lingkungan. Polusi udara menurut Lina selaku ketua panitia penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023 dapat menyebabkan berbagai masalah.

"Masalah-masalah tersebut seperti kesehatan, termasuk penyakit pernapasan, kanker, dan penyakit jantung. Polusi udara juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti perubahan iklim dan hujan asam," ungkap Lina dalam keterangan tertulisnya pada kamis (28/9).

Lina menambahkan bahwa energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti matahari, angin, air, dan biomassa. Energi terbarukan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara. Energi terbarukan memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas udara dengan berbagai cara, antara lain mengurangi emisi gas rumah kaca: penggunaan energi terbarukan secara substansial dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Emisi gas rumah kaca merupakan penyebab utama perubahan iklim global dan polusi udara. Dengan mengadopsi energi terbarukan, kita dapat secara signifikan mengurangi jejak karbon kita, membantu menjaga stabilitas iklim global dan mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan.

Kedua, Mengurangi polusi udara lokal energi terbarukan juga berkontribusi dalam mengurangi polusi udara lokal yang merugikan kesehatan manusia. Polusi udara lokal, seperti kabut asap dan asap kendaraan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernapasan dan penyakit jantung. Dengan menggantikan sumber energi konvensional yang menghasilkan polusi dengan energi terbarukan yang bersih, kita dapat mengurangi risiko terkena polusi udara dan mengamankan kualitas udara yang lebih baik bagi masyarakat.

Terakhir, meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan: energi terbarukan dapat berdampak positif pada kualitas udara di dalam ruangan. Penggunaan energi terbarukan untuk menghasilkan listrik dan panas yang bersih dan efisien untuk rumah dan bisnis dapat mengurangi emisi partikulat dan polutan udara dalam ruangan. Ini berarti kualitas udara di dalam rumah dan tempat kerja menjadi lebih sehat, yang berdampak positif pada kesejahteraan penghuninya. Oleh karena itu, penerapan energi terbarukan bukan hanya untuk melindungi lingkungan luas, tetapi juga untuk memastikan kita memiliki udara yang lebih bersih dan sehat untuk diberikan kepada generasi mendatang.

Potensi energi terbarukan untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta

Masih menurut Lina, di Indonesia, masalah polusi udara merupakan isu serius yang terutama menghantui kota-kota besar seperti Jakarta. Kota ini sering kali dilanda kabut asap dan tingkat polusi udara yang sangat tinggi yang berdampak buruk pada kesehatan penduduk serta lingkungan secara keseluruhan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral