Bangunan SD Balong Gemek yang Rusak.
Sumber :
  • Umar Sanusi

Angin Kencang Rusak Bangunan Sekolah SD Balong Gemek Jombang dan Puluhan Rumah Warga

Jumat, 26 November 2021 - 01:04 WIB

Jombang, Jawa Timur - Puluhan rumah di Jombang, Jawa Timur mengalami kerusakan mulai rusak ringan, sedang dan rusak berat. Kerusakan tersebut disebabkan disapu angin kencang  pada Kamis (25/11/2021) sore. Selain rumah warga, angin juga merusak sebuah mushalla dan merobohkan bangunan gedung Sekolah Dasar. Petugas tengah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan secara rinci.

"Angin kencng sore tadi sekitar pukul empat, mengakibatkan atap gedung SD di Desa Balong Gemek roboh. Tapi bukan ruang kelas, hanya ruang kesenian.  Atapnya memang sudah lapuk karena sudah tua.  Kerugiannya sekitar 100 juta rupiah.  Kepastiannya masih dihtung kepala desa," ujar  AKP Susilo, Kapolsek Megaluh, Kamis (25/11/2021) dihubungi melalui telepon saat berada di lokasi kejadian.

Menurut kapolsek. kerusakan bangunan akibat angin kencang di desa Balong Gemek yang bisa didata hanya gedung SD tersebut.  Naun saat ini perangkat desa masih mencari informasi  barangkali ada rumah warga di desanya juga tersapu angin kencang.

Selain di Desa Balong Gemek Kecamatan Megaluh, angin kencang juga menyapu Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan dalam waktu bersamaan.  Sebanyak 25 rumah warga mengalami kerusakan akibat disapu angin kencang tersebut.  Selain rumah warga angin juga merusakkan mushalla Darus Salam  di Dusun Puri.

"Data sementara yang kami kumpulkan 25 rumah warga dan satu mushalla yang megalami kerusakan. Kerusakannya mulai rusak ringan hingga rusak berat.  Namun kepastian kerusakannya masih menunggu  angka yang pasti , sebab saat ini dilakukan pemadaman listrik di area yang terdampak," jelas IPTU Pranan Edi, Kapolsek Plandaan.     

Dalam kejadian tersebut ditambahkan kapolsek,  terdapat satu korban, namun hanya luka ringan. karena jari tangannya berdarah.  "Yang luka ringan atas nama Samiyanto umur 42 tahun.  Hanya jarinya yang terluka dan saat ini telah menjalani pengobatan di RSUD Ploso," tambah kapolsek.

Untuk meringankan beban para korban, lanjut kapolsek. besok pagi akan dilakukan gotong-royong untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
Viral