Banjir rob merendam wilayah Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tim tvOne - Syamsul Arifin

Banjir Rob di Kecamatan Sayung Demak Kini Meluas Hingga 13 Desa

Senin, 29 November 2021 - 12:25 WIB

Demak, Jawa Tengah -  Banjir rob di Kabuapaten Demak, Jawa Tengah, meluas hingga di 13 Desa di Kecamatan Sayung. Desa  Bedono salah satu desa paling parah diterjang rob. Akibat  diterjang air laut pasang, desa yang  berlokasi di bibir pantai utara demak ini kini sebagian besar  wilayah desa tersebut  terendam  banjir rob.

“Desa kami berada paling dekat  dengan  laut, sehingga  jika  terjadi  air laut  pasang kawasan pemukiman  tergenang banjir.  Saat ini  hanya  menyisakan 5 persen saja yang tidak tergenang  banjir rob”, kata Agus Salim, Kepala Desa Bedono, senin (29/11/2021).

Banjir rob menggenangi ribuan  rumah, sekolah-sekolah, perkantoran, masjid  dan memutuskan akses jalan antar desa.  Akibat  banjir rob,  wilayah  desa Bedono kini seperti lautan.  Karena akses jalan terputus, sejumlah dukuh  di Desa Bedono  kini terisolir. 

Warga Dukuh Mondolika harus menerabas akses jalan  sejauh 3 kilometer yang tergenang  banjir rob. 

 “Warga Dukuh  Mondolika sudah belasan tahun tinggal di genangan banjir rob, dan harus menerabas jalan tertutup genangan  banjir rob jika mau keluar dan masuk desa. Jika tidak berhati hati, pengendara yang menerabas jalan beton selebar 1,5 meter ini  bisa terjerembab ke dalam selokan  yang  berada kanan kiri  jalan”, kata Agus Salim.

https://www.tvonenews.com/berita/16018-banjir-rob-terjang-belasan-desa-di-kecamatan-sayung-demak

Lebih lanjut  Agus Salim menjelaskan  akibat diterjang gelombang pasang, 2 dukuh, yaitu Dukuh  Senik dan Rejosari kini tenggelam. Seluruh warga direlokasi ke tempat yang aman  dan hanya menyisakan satu keluarga yang masih bertahan  di lokasi genangan rob.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:14
01:14
02:07
02:34
01:16
09:06
Viral