Tingkatkan Pengawasan Cacar Monyet di Jakarta Utara, Dinkes Kabarkan Kondisi saat Ini.
Sumber :
  • Istimewa

Tingkatkan Pengawasan Cacar Monyet di Jakarta Utara, Dinkes Kabarkan Kondisi saat Ini

Selasa, 24 Oktober 2023 - 22:13 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara tetap meningkatkan pengawasan terhadap gejala penyakit menular cacar monyet (monkey pox) di masyarakat meski wilayah tersebut nihil kasus terkonfirmasi.

Kepala Sudinkes Jakarta Utara dr Lysbeth Regina Pandjaitan, di Jakarta, Selasa, mengatakan peningkatan pengawasan dilakukan seluruh tenaga kesehatan di tingkat puskesmas maupun rumah sakit, jika melihat gejala yang tampak pada tubuh penderita cacar monyet yakni ruam atau lesi.

"Monkey pox ini seperti cacar, berisi nanah, bisa mengelupas dan rontok. Yang agak khas, tidak hanya terdapat pada area wajah, telapak tangan, telapak kaki, tapi juga bisa di alat kelamin," kata Lysbeth.

Lysbeth mengatakan Jakarta Utara sampai saat ini belum menemukan kasus monkey pox, sehingga gerakan vaksinasi cacar massal belum diluncurkan di wilayah itu.

"Jakarta Utara karena tidak ada kasusnya, baik suspek maupun terkonfirmasi, jadi tidak dilakukan untuk vaksinasi ini," katanya.

Untuk pasien yang statusnya suspek karena kontak erat akan didampingi untuk diintervensi ke rumah sakit.

Oleh karena itu, Lysbeth mengimbau masyarakat Jakarta Utara agar tidak ragu memeriksakan kondisi kesehatannya ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral