Petugas Pasang Pita Penanda Bahaya di Sekeliling Rumah Penduduk yang Tanahnya Ambles.
Sumber :
  • Edy Cahyono

Tanah Bergerak di Kelurahan Sisir Kota Batu, Permukiman Warga Terancam Ambles

Selasa, 30 November 2021 - 12:12 WIB

Batu, Jawa Timur - Tingginya intensitas curah hujan di Kota Batu memicu terjadinya tanah bergerak di Kecamatan Batu, Kota Batu. Saat ini sebagian tanah di wilayah tersebut ambles hingga kedalaman 15 meter dan sepanjang 5 meter. Lokasi tanah ambles tersebut terjadi di Jalan Tenes, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Tanah di permukiman padat penduduk tersebut bahkan membentuk gua dan mengancam dua rumah penduduk.

Selama curah hujan tinggi tahun 2021, setidaknya terjadi enam titik tanah ambles di pemukiman padat penduduk. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mendata tanah ambles tersebut di antaranya berlokasi di Jalan Imam Bonjol Gang 3 RT 2 RW 1 dan Jalan Suropati Ngaglik.

Ada pula yang lokasinya berdekatan seperti di Jalan Agus Salim, Gang Soponyono RT 1 dan RT 2 RW 3.

Peristiwa tanah ambles yang terjadi di permukiman padat penduduk di Kota Batu itu mengakibatkan kerusakan beberapa rumah warga dan membuat mereka tidak tenang.

Seperti di Jalan Tenes, lubang akibat tanah ambles memiliki panjang 4 meter, lebar 3 meter, dan kedalaman 15 meter. Di tempat itu dinding rumah warga juga mengalami keretakan.

Kasatgas Kebencanaan Kota Batu, Punjul Santoso, membenarkan adanya kejadian tanah ambles tersebut. Menurutnya peristiwa tanah ambles di Kelurahan Sisir merupakan kejadian ke enam sejak tahun 2021.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral