Kulit atau cangkang dan sabut kelapa sawit dapat dirubah menjadi energi terbarukan..
Sumber :
  • tvOnenews - Usep Saripudin

Limbah Kelapa Sawit "Disulap" Jadi Energi Terbarukan 

Sabtu, 4 November 2023 - 19:42 WIB

tvOnenews.com - Kulit atau cangkang dan sabut kelapa sawit yang selama ini terbuang dengan percuma dan sia-sia bahkan tidak jarang menjadi masalah tersendiri bagi para pengusaha kelapa sawit untuk membuangnya, dapat dirubah menjadi sebuah barang yang sangat berharga.

Abi Maulana pengusaha asal Bojonegoro, Jawa Timur, berhasil menyulap tumpukan kulit dan sabut kelapa sawit yang sudah tidak berguna bahkan terkesan menjadi sampah, kini disulap menjadi energi terbarukan.

Biomas Palm Pellets, itulah sebutan untuk energi terbarukan yang sejenis Breakat Batu Bara. Ini bukan berasal dari fosil melainkan green energi yang ramah lingkungan karena terbuat dari sisa-sisa produksi yang dihasilkan dari kelapa sawit. 

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang memberikan sambutan saat penandatangan MOU antara pihak perusahaan yang memproduksi Biomass Palm Pellets Indonesia dengan sejumlah Negara yang sudah memesan di Desa Cikereteg, Kecamatan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengatakan bahwa saat ini Indonesia mempunyai potensi besar untuk pengembangan pellet kelapa sawit ini.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan bauran energi terbarukan biomass, agark mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060. Antara lain, melalui pengembangan bahan bakar padat dari limbah atau Pellet kelapa sawit.

“Saya yakin, penggunaan pellet biomass ini akan diadopsi oleh negara-negara lain di seluruh dunia, dan kita akan menjadi pemain utamanya,” tegas Moeldoko di Bogor, Sabtu (4/11/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral