Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.
Sumber :
  • Julio Trisaputra/tvOnenews.com

Cak Imin Sebut Kasus Anwar Usman adalah Tragedi Dunia Yudisial

Kamis, 9 November 2023 - 11:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan kasus yang melibatkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman merupakan tragedi kelam dunia yudisial.

"Ini tragedi ada hakim kena sanksi, tragedi dunia yudisial yang menjadi perhatian publik dan kita bangsa Indonesia untuk betul-betul menjadikan ini pembelajaran nasional," ungkap dia, kepada media, dikutip Kamis (9/11/2023).

Oleh karena itu, keputusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang menjatuhkan hukuman pemberhentian jabatan Ketua MK terhadap Anwar Usman menjadi pelajaran serius bagi jajaran hakim MK lainnya.

"Keputusan MKMK itu ya harus diterima oleh semua pihak sebagai pembelajaran penting, hakim MK itu tertinggi jadi jangan sampai melakukan tindakan-tindakan tercela," jelasnya.

Apalagi isu yang menyeret Anwar Usman terkait dengan pemilihan presiden (pilpres), sementara di sisi lain MK sendiri merupakan benteng pertahanan keadilan pada saat pesta demokrasi di Februari 2024 mendatang.

Kendati demikian, desakan yang menuntut Anwar Usman mundur dari jabatannya sebagai Hakim MK memicu polemik di ranah publik. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral