Tumpukan sampah di TPA Kaliwingi, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (1/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Otong Susilo

Anggaran Dipangkas, Sampah di Brebes Menumpuk di Tempat Pembuangan Sementara

Rabu, 1 Desember 2021 - 18:59 WIB

Brebes, Jawa Tengah - Sudah setahun lebih penanganan sampah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengalami masalah. Sampah-sampah menumpuk di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) karena tidak segera diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) yang berada di desa Kaliwingi, Brebes.

Ternyata problemnya adalah petugas sampah dari sejumlah TPS harus mengantri saat berada di TPA. Dari dua alat berat berupa backhoe di TPA, hanya satu yang bisa dioperasikan karena satunya mengalami kerusakan dan belum diperbaiki. Sedangkan satu yang dioperasikan bekerja tidak maksimal akibat keterbatasan bahan bakar.  

Rudy salah satu petugas pengangkut sampah dari TPS Desa Pesantunan mengeluhkan penangan sampah di TPA Kaliwingi, alat berat yang sering berhenti membuat sampah menggunung di bagian depan TPA. Alat angkut sampah roda tiga tidak bisa serta merta membuang, karena harus mengantri hingga empat jam.

" kami petugas pengangkut sampah tidak bisa segera mengangkut lagi karena lama untuk membongkar disini, jadi kami yang sering kena damprat warga karena terlambat" keluh Rudy saat ditemui Rabu (01/12/2021) .

" Sehari kami hanya bisa mengangkut sekali " tambah Rudy.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes, Agus Kholik, saat ditemui tvonenews.com mengakui jika pengelolaan sampah di Kabupaten Brebes ada persoalan. 

" kami saat ini sehari hanya bisa sekali mengangkut sampah karena keterbatasan anggaran. Sebelumnya anggaran dari APBD Brebes sekitar 12 miliar rupiah, sekarang hanya sekitar 8 miliar rupiah, sehingga kami harus mengatur sedemikian rupa agar pengelolaan sampah ini bisa tertangani " jelas Agus Kholik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral