Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy saat Berikan Keterangannya ke Awak Media di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023)..
Sumber :
  • tim tvOnenews/Farid Nurhakim

Menko PMK Dorong Kemenkes Tingkatkan Status RSUD Dekai Yahukimo Papua Jadi Tipe C

Senin, 20 November 2023 - 14:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI agar dapat meningkatkan status rumah sakit (RS) tipe D di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan menjadi tipe C. 

Hal ini menanggapi soal hanya tersedia satu RS tipe D di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dekai. 

Menurut Muhadjir, jika terdapat warga yang harus dirujuk ke RS di Kota Jayapura, Provinsi Papua, lokasinya itu sangat jauh dan perlu naik dua kali pesawat ke sana dari Kabupaten Yakuhimo. 

"Provinsi yang di [Papua] Pegunungan hanya punya satu RS Sakit Umum Daerah (RSUD) dan statusnya masih D, itu sangat tidak layak memang kalau harus melayani warga di sekitar," kata Muhadjir kepada awak media di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023). 

"Apalagi kalau harus dirujuk ke RS yang sangat jauh misalnya di [Kota] Jayapura yang cukup jauh untuk kabupaten tertentu itu bisa dua kali pesawat, misalnya dari [Kabupaten] Yahukimo ke [Kota] Jayapura itu tidak bisa langsung ke Jayapura, itu harus ke Wamena dulu baru ke Jayapura atau ke [Kota] Timika, itu tempatnya cukup jauh,” sambung dia. 

Menurut Muhadjir, jika warga di Kabupaten Yakuhimo memang harus dirujuk dan memakai pesawat, itu bakal memerlukan biaya yang mahal. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral