Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban banjir lahar dingin Gunung Merapi, Kamis (2/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Tim SAR Gabungan Kembali Lakukan Pencarian Korban Hilang Banjir Lahar Dingin Merapi

Jumat, 3 Desember 2021 - 10:26 WIB

Magelang, Jawa Tengah - Tim SAR gabungan pagi ini, Jumat (3/12/2021) kembali menggelar pencarian seorang sopir truk penambang pasir di Sungai Bebeng, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang hilang terseret banjir lahar dingin Gunung Merapi yang terjadi pada Rabu sore (1/12/2021). 

Sopir truk yang tersapu banjir lahar dingin Gunung Merapi tersebut, diketahui bernama Hendri (25), warga Kabupaten Magelang. Diketahui korban saat kejadian sedang memuat pasir galian C yang ada di lokasi tersebut. Namun seketika itu juga banjir lahar dingin datang dengan cepat sehingga korban tidak sempat menyelamatkan diri.

" Pencarian terus kita lakukan, hari ini kita fokus pada radius 2 kilo meter dari lokasi pertama kejadian " kata Basuki, Kordinator Basarnas Unit Borobudur, Jumat (3/12/2021).

Menurut Basuki, kendala yang dihadapi tim pencari adalah sulitnya medan dan kondisi cuaca yang tidak menentu karena lokasi pencarian masuk dalam radius bahaya luncuran awan panas Gunung Merapi.

"Apalagi kita harus waspada dengan luncuran awan panas yang setiap saat bisa terjadi, karena lokasi pencarian merupakan zona 
berbahaya hanya berjarak 3 km dari puncak Merapi," jelas Basuki.

Untuk membantu proses pencarian korban, aparat kepolisian dari Polres Magelang, Jawa Tengah, juga mengerahkan anjing pelacak yang melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi yang dicurigai.

Dari data kepolisian, ada dua sungai yang diterjang banjir lahar dingin Gunung Merapi pada Rabu sore kemarin (1/12/2021), yaitu Sungai Bebeng dan Sungai Senowo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral