Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama-sama dengan Dekranas dan OASE menggelar program bertajuk Panggung Cerita Nusantara untuk memperkenalkan budaya kriya dan wastra Indonesia..
Sumber :
  • Humas KemenkopUKM

Panggung Cerita Nusantara Perkenalkan Ekosistem Kriya dan Wastra Indonesia

Jumat, 24 November 2023 - 12:25 WIB

tvOnenews.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama-sama dengan Dekranas dan OASE menggelar program bertajuk Panggung Cerita Nusantara untuk memperkenalkan budaya kriya dan wastra Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (23/11), mengatakan dalam dua tahun terakhir kerja sama dengan Dekranas dan OASE dikembangkan untuk mempromosikan kriya dan wastra yakni “Cerita Wastra” di tahun 2021 dan “Cerita Kriya” di tahun 2022.

"Selama dua tahun terakhir, kolaborasi ini telah menyentuh lebih dari 10.000 perajin di Indonesia," kata MenKopUKM Teten Masduki.

Maka untuk menindaklanjuti hal itu, tahun ini tepatnya pada 28 November 2023, akan digelar agenda serupa dengan tema “Cerita Nusantara : Unveiling the Story of Indonesia Artistry”.

Cerita Nusantara menjadi muara perjalanan Cerita Wastra dan Cerita Kriya yang akan menampilkan ide-ide brilian, inklusivitas dalam keragaman, daya saing UMKM lokal, karya seni rupa, kerajinan tangan, tekstil, dan juga inovasi digital yang selama ini telah melalui perjalanan panjang.

Penggalan kata 'cerita' selalu diangkat karena produk-produk kriya dan wastra Indonesia berakar pada sejarah budaya nusantara yang panjang, dan menyimpan banyak cerita serta merekam setiap legenda kejayaan masa lalu. Tema tersebut bermakna mengungkap hakikat kesenian Indonesia.

Secara filosofis adalah upaya untuk menggali Kembali pesan-pesan sejarah, kebudayaan, dan kejayaan masa lalu untuk dapat dijadikan sebagai bahan bakar dan semangat dalam membangun masa depan gemilang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral