Suasana workshop menanam benih dengan media bubur kertas bersama benih bunbun program suistainability di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (26/11/2023)..
Sumber :
  • PT Pertamina

Wujud Sustainable Living, Produk Daur Ulang Ramaikan Eco RunFest 2023

Minggu, 26 November 2023 - 21:50 WIB

tvOnenews.com - Tak hanya menggelar event lari dan pagelaran musik saja, Pertamina Eco RunFest 2023 juga turut menghadirkan aktivasi dan beberapa karya yang dibuat menggunakan bahan daur ulang ramah lingkungan.

Salah satunya, ibukardus. Sesuai dengan namanya, Nur Maliyanti sang penggagas ibukardus, berhasil menyulap kardus menjadi bermacam-macam mainan anak yang keren.

"Awalnya di tahun 2014, Nur hanya ingin membuatkan mainan untuk putra sulungnya. Ketika itu anaknya minta dibuatkan kostum robot dan Nur pun mewujudkan sebuah kostum Iron Man dari kardus bekas," ungkap Nur.

Karena sering membuat bermacam-macam mainan, lama kelamaan banyak orangtua lain yang tertarik dengan mainan kardus buatan Nur Maliyanti. Ia pun sering membuat workshop untuk anak-anak maupun orangtua di berbagai kota. Beberapa orangtua bahkan berniat memesan langsung mainan buatan Nur Maliyanti ini.

"Tentunya ini akan menumbuhkembangkan motorik anak, tidak melulu dengan gadget. Selain itu, melekatkan interaksi anak dan orangtua," ujar Nur.

Selain ibukardus, ada Benih Bunbun yang memanfaatkan sampah kertas untuk dijadikan souvenir edukasi bagi masyarakat.

"Selain menjadi edukasi bagaimana cara memanfaatkan sampah kertas kita juga mengajak untuk membuat olahan sampah kertas tersebut menjadi media tanam," jelas Ziva pemilik Benih Bunbun yang berasal dari Bandung Barat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral