Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.
Sumber :
  • tvOnenews - Haries

KPK Telisik Kasus yang Mandek di Era Deputi Penindakan Karyoto

Selasa, 28 November 2023 - 13:18 WIB

tvOnenews.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkap ada penanganan kasus yang sempat mandek di lembaganya, dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Padahal, komisiner telah meminta untuk menaikkan ke tahap penyelidikan, tetapi tak mendapat respons dari pihak yang diberikan disposisi, yakni Kedeputian Penindakan, saat itu. 

Alexander menjelaskan, laporan masyarakat terkait dugaan korupsi di Kementan itu masuk ke KPK pada 2020.

"Pada saat kami mengalami perkara yang kemudian kami menetapkan tersangka terkait dengan pemerasan, kami betul-betul blank, tidak tahu bahwa ternyata tahun 2020 itu ada laporan masyarakat," kata Alexander saat jumpa pers senin 27/11/2023.

Menurut Alex, begitu ia karib disapa, pimpinan ternyata sudah memberikan disposisi kepada bagian penindakan untuk menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan penyelidikan. Namun, kata Alex, penyelidikan tersebut tak kunjung dilakukan hingga kini.

"Ternyata pimpinannya juga sudah mendisposisi, melakukan penyelidikan. Tapi ternyata juga itu tidak ditindaklanjuti, baru kemarin-kemarin kami perintahkan untuk sprinlidik (surat perintah penyelidikan)," ujarnya.

Meski begitu, Alex tidak mengungkap siapa pimpinan yang memberi disposisi, termasuk siapa pihak yang menerima disposisi tersebut.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral