Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • Antara

KPK Segera Panggil Kembali Ketua Komisi V DPR RI Lasarus sebagai Saksi Kasus DJKA Kemenhub

Jumat, 1 Desember 2023 - 17:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil kembali Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dalam kasus dugaan korupsi proyek jalur kereta api pada Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebelumnya, Lasarus sempat dipanggil KPK untuk diperiksa dalam kasus ini, pada Jumat (28/7). KPK saat ini tengah mendalami dugaan aliran uang korupsi pada proyek jalur kereta api tersebut.

"Ya nanti kan pasti didalami lebih lanjut dalam proses persidangan, fakta-faktanya kemarin kan sudah dikembangkan dua orang sudah ditahan kan, kita lihat ke depan faktanya. Karena ini kan banyak klaster ya Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi nanti akan terus dikembangkan," kata kepala bagian pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (30/11).

KPK dalam pengembangan kasus dugaan suap proyek jalur kereta api, belum lama ini menetapka dua tersangka baru, yakni Direktur PT Bhakti Karya Utama, Asta Danika dan Direktur PT Putra Kharisma Sejahtera, Zulfikar Fahmi. 

Karena itu, KPK akan mendalami aliran dugaan korupsi, berdasarkan bukti dalam pengembangan perkara ini.

"Pada prinsipnya tentu kami tuntaskan, semua perkara yang ada di KPK sampai kemudian fakta-fakta di persidangan, kita pelajari, analisis dari pertimbangan hakimnya, baru kemudian kita kembangkan fakta-fakta hukum itu," tegas Ali.

Tak hanya Lasarus, sejumlah anggota Komisi V DPR yang juga pernah dipanggil KPK yakni Ridwan Bae, Hamka B Kady MS, Andi Irwan, Neng Eem Marhamah dan Fadholi. Bahkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga sempat diperiksa dalam kasus ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral