Anies sebut IKN Hanya Dirasakan Manfaatnya oleh ASN.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Anies Sebut IKN Hanya Dirasakan Manfaatnya oleh Aparat Sipil Negara

Sabtu, 2 Desember 2023 - 13:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menilai manfaat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) lebih banyak dirasakan untuk aparatur negara (ASN) daripada masyarakat.

Sehingga dia tegaskan lebih mementingkan penguatan sarana mendasar untuk rakyat, seperti pendidikan dan kesehatan.

"Karena, kalau kami lihat manfaat dari fasilitas kesehatan itu akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia; tetapi kalau di sini (IKN), dirasakan oleh aparat negara yang nanti bekerja untuk negara," kata Anies saat menghadiri "Indonesia and the World 1 Jam Bersama Anies" di Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP) 2023 di Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Anies mengatakan, hal itu untuk menjawab pertanyaan dari mantan wakil menteri luar negeri Dino Patti Djalal. 

Menurut Anies, pembangunan kota baru di Indonesia masih belum terlalu penting selama pemenuhan infrastruktur mendasar masih belum merata di seluruh daerah.

Anies juga mengaku pernah ditanya oleh seorang ibu tentang pembangunan IKN. EKs gubernur DKI Jakarta itu pun bertanya balik kepada ibu tersebut apakah pembangunan IKN itu perlu atau tidak.

"Pak, kalau saya, di rumah saya ini anak-anak masih perlu uang buat sekolah, dan harus membiayai kredit motor, serta masih membiayai kebutuhan rumah tangga. Lalu, uang saya terbatas. Masa saya harus mengambil kredit untuk rumah baru?" beber Anies menirukan jawaban ibu yang bertanya kepadanya tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral