Kasat Resrim Polres Nagan Raya, Akp Mahcfud.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Mengaku Perusahaan Tiongkok, Ratusan Warga Aceh Tertipu Rekrutmen Tenaga Kerja Bodong

Senin, 6 Desember 2021 - 15:18 WIB

Nagan Raya, Aceh - Sebanyak 289 orang warga Nagan Raya, Provinsi Aceh menjadi korban penipuan calo pekerja bodong, akibatnya milyaran rupiah berhasil dibawa kabur para  pelaku yang mengaku dari perusahaan Tiongkok.

Ade swarna salah satu korban penipuan pekerjaan mengatakan, awalnya mereka mendapat tawaran dari perusahan yang mengaku sebagai penyedia para pekerja di sebuah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3-4, agar bisa lulus untuk bekerja mereka diminta sejumlah uang dengan jumlah bervariasi mulai dari 3 juta hingga 20 juta per-orangnya oleh para pelaku.

"Awalnya kami mendapat informasi bahwa perusahaan PLTU 3-4 sedang membutuhkan tenaga kerja melalui PT. Tanxhia Pinxhiang Co, Ltd asal Tiongkok, setelah mendaftar perusahaan tersebut meminta uang, agar bisa mendapatkan posisi yang diinginkan, kami juga sempat mengikuti wawancara di sebuh hotel di meulaboh,” jelas ade.

Awalnya mereka tidak menduga akan menjadi korban penipuan, setelah masa wawacara selesai dan menuggu hasil, mereka didatangi oleh pihak hotel kalau sewa hotel lokasi tes wawancara tersebut belum dibayar oleh pihak penyelenggara.

"Kami baru sadar kalau kami telah ditipu saat pihak hotel meminta tagihan hotel, sebab pihak penyelenggara sudah kabur,” jelas Ade.

Ade juga menambahkan pada waktu itu, menyerahkan Rp15 juta kepada salah seorang utusan atau calo perusahaan, uang tersebut didapatkan dengan menguras tabungan ditambah pinjaman dari rekannya, dengan harapan ia bisa menduduki posisi bidang informatika (IT) di perusahaan tersebut.

"saya sangat terpukul dan gak tau harus gimana, tabungan saya sudah habis dan kini saya harus membayar utang pada orang lain, karena saya telah memberikan 15 juta kepada pelaku yang diambil dari tabungan dan ditambah pinjaman dari orang lain," keluhnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral