Provinsi Jawa Barat memegang peranan penting dalam sektor pertanian nasional..
Sumber :
  • Humas Kementan

Tanam Padi Serentak, Mentan Optimis Produktivitas Jabar Terdongkrak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:03 WIB

tvOnenews.com - Provinsi Jawa Barat memegang peranan penting dalam sektor pertanian nasional. Data Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat bahwa Jabar adalah produsen beras nomor dua di Indonesia dengan total 5,45 juta ton beras. 

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman berharap banyak pada peningkatan kapasitas produksi beras di Jabar. Amran optimis dengan bantuan semua pihak, khususnya para pemangku kepentingan, hal tersebut bisa terwujud. Disela-sela kegiatan Tanam Padi Serentak di Desa Gajah Mekar, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu 6/11/23.

Amran menjelaskan kalau setiap tahun, produksi Jabar cenderung naik turun diperingkat 2/3 provinsi produksi beras nasional. Penyebabnya tak lain karena laju alih fungsi lahannya relatif tinggi. 

"Maka dari itu, kegiatan tanam padi serentak hari ini merupakan salah satu langkah strategis dalam meningkatkan Indeks Pertanian serta produktivitas," kata Menteri asal Sulawesi Selatan itu. 

Dia mengatakan bahwa kondisi saat ini masih menghadapi El Nino yang cukup dahsyat. Sehingga yang terpenting sekarang adalah bagaimana mengamankan pangan

"Solusinya adalah mempercepat masa tanam. Jatim, Sumsel, Kalsel, sudah kami instruksikan," jelas Amran. 

"Jabar kita targetkan 11 juta ton padi," tambahnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral